Olahraga Indah Berasal Dari Petani…

pogo stick
Siapa yang menyangka bahwa alat yang semulanya hanya diajadikan sebagai alas kaki yang diciptakan oleh seorang petani untuk alas kaki anaknya, kini alat ini telah menjadi alat olahraga yang mendunia bahkan banyak sekali remaja yang menggandrungi olahraga ini.

Suatu ketika diawal abad 20 George Hansburg melancong ke Burma. Disana ia bertemu dengan seorang petani miskin yang mempunyai seorang anak perempuan yang bernama Pogo.

Pada dasarnya di Burma mayoritas penduduknya beragama Budha. Pogo memiliki keinginan untuk berkunjung ke kuil setiap harinya untuk memanjatkan doa untuk ayahnya yang sangat ia sayangi. Namun kendalanya adalah jarak yang harus ditempuh dari rumah petani itu kekuil lumayan jauh serta penuh rintangan yaitu tanah berbatu dan berlumpur. Sedangkan karena miskinnya keluarga petani ini sehingga petani ini pun tak mampu membelikan alas kaki untuk Pogo.

Namun petani ini tidak kehabisan akal. Ia lalu membuatkan tongkat untuk melompat yang berbentuk huruf T sehingga memungkinkan Pogo untuk pergi ke kuil tanpa harus membuat tubuhnya kotor. Hal ini memberikan ide Hansburg untuk membuat alat yang sama untuk digunakan sebagai alat olahraga. Sebagai penghormatan kepada petani itu maka alat ini diberi nama “POGO STICK”.

Kemudian pada tahun 1919 Hansburg mematenkan alat ini sebagai alat olahraga. Namun kala itu alat ini masih terbuat dari kayu. Seiring perkembangan jaman, pembaharuan pun terjadi. Bahan logam menggantikan kayu agar lebih awet dan kokoh. Penambahan pegas pada tongkat memungkinkan orang yang menggunakan pogo stick ini dapat melompat lebih tinggi.

Kemudian pada tahun 1996 Dave Amstrong tercatat sebagai pencetus nama olahraga ‘Stunt Pogo’. Sebuah olahraga pogo stick versi ekstrim lompat pogo. Dari ini olahraga ini semakin berkembang oleh para pogoers, istilah untuk para pemain pogo.

Seiring berkembangnya olahraga ini kini banyak berbagai gaya yang dapat dilakukan untuk bermain pogo stick ini. Pada prinsipnya sama dengan gaya yang digunakan dalam trik bermain sepeda BMX, Skateboard, atau motorcross. Misalnya “Can-can”, dan “Heel Clicker”.

Seorang pogoers yang memegang rekor dunia saat ini adalah Fred Grzybowski yang mampu melompat paling tinggi yaitu mencapai ketinggian 2,7 meter.

( M Arif P / B )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: