SEJARAH DARI KESUKSESAN ONE DIRECTION

one direction

One direction adalah grup penyanyi pria asal Inggris-Irlandia yang terbentuk di London pada tahun 2010. Grup ini beranggotakan Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson.

Grup ini terbentuk pada tahun 2010 sebelumnya  Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson mengikuti audisi The Factor musim ke-7 sebagai penyanyi solo dalam kategori “Boys”, namun mereka semua gagal. Setelah mendapat saran dari juri tamu saat itu yaitu Nicole Scherzinger mereka berlima langsung bergabung dan membentuk sebuah boy band. Boy band ini kemudian berhasil lolos untuk kategori “Groups”.

Group ini kemudian di beri nama One Direction , Harry lah yang mempunyai ide untuk nama group mereka . Menurutnya akan terdengar hebat saat nama itu disebutkan saat siaran langsung di televisi dan pada akhirnya One Direction menempati posisi ketiga namun grup ini dengan cepat mendapatkan popularitas di Inggris.

One Direction kemudian dikontrak oleh Syco Records, label rekaman milik Simon Cowell, setelah menjadi menjadi juara ketiga dalam ajang pencarian bakat The X Factor musim ke-7 pada tahun 2010. Setelah sukses di Inggris, One Direction kemudian dikontrak oleh label rekaman asal Amerika Utara, Columbia Records pada tahun 2011.

Pada bulan November 2011, One Direction merilis album pertama mereka yang bertajuk “Up All Night” . Album tersebut menjadi album dengan penjualan tercepat pada tahun 2011 di Inggris. Pada tahun yang sama, di Amerika Serikat album mereka juga sukses bertengger di posisi puncak Billboard 200. “Up All Night”  juga menguasai sepuluh besar UK Singles Chart dengan single perdana “What Makes You Beautifull”. Lewat single ini, One Direction berhasil memenangkan Best British Single (Single Britania Raya terbaik) di ajang BRIT Awards tahun 2012. Mereka juga sukses menjual single tersebut secara digital dengan total unduhan sebanyak 2.060.303. Album kedua mereka yang bertajuk “Take Me Home” dirilis pada tanggal 12 November 2012. Sementara itu, tur dunia One Direction dijadwalkan akan berlangsung pada tahun 2013 yang akan dimulai dari kota-kota di Inggris dan Irlandia kemudian dilanjutkan ke Negara-negara di Amerika Serikat dan Australia.

Atas kesuksesannya ini, One Direction dikatakan sebagai pemicu kebangkitan kembali era boy band Eropa yang sebelumnya pernah Berjaya pada tahun 1990-an. One Direction juga dilabeli sebagai gelombang baru “Invasi Britania” yang melanda Amerika Serikat, mengikuti jejak The Beatles pada tahun 1960-an.

(Novi E / A)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: